EDUKASI KESEHATAN TENTANG PERAWATAN LANSIA DENGAN KEJADIAN STROKE DI RUMAH

Authors

  • Andre Utama Saputra Universitas Kader bangsa Palembang
  • Sasono Mardiono Universitas Kader bangsa Palembang

Keywords:

Edukasi, Lansia, Stroke.

Abstract

Stroke masih menjadi salah satu masalah utama kesehatan, bukan hanya di Indonesia namun di dunia. Penyakit stroke merupakan penyebab kematian kedua dan penyebab disabilitas ketiga di dunia. Stroke menurut World Health Organization adalah suatu keadaan dimana ditemukan tanda klinis yang berkembang cepat berupa defisit neurologik fokal dan global, yang dapat memberat dan berlangsung lama selama 24 jam atau lebih dan atau dapat menyebabkan kematian, tanpa adanya penyebab lain yang jelas selain vaskuler.Kondisi seperti ini yang menyebabkan penderita stroke memiliki ketergantungan yang tinggi dalam melakukan aktivitas sehari-hari pada orang lain. Permasalahan ini tidak hanya berdampak terhadap status kesehatan tetapi akan mempengaruhi kualitas hidup penderita tersebut dan menambah beban ekonomi keluarga maupun negara.Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan Pada keluarga dengan Lansia Stroke di Wilayah kelurahan 24 ilir Palembang. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Keluarga dalam Merawat  lansia  dengan kejadian Stroke. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 30 orang Keluarga. Berdasarkan hasil evaluasi peserta merasa antusias mengikuti kegiatan dan setelah diberikan penyuluhan mayoritas peserta telah mengetahui defenisi, penyebab, faktor resiko, pencegahan penyakit stroke, Serta Cara merawat Lansia dengan Kejadian Stroke. Diharapkan setelah pemberian edukasi kesehatan mengenai penyakit stroke, lansia dapat menerapkan perilaku gaya hidup sehat untuk mencegah terjadinya penyakit stroke.

References

Kuntjoro Z, (2002). Dukungan Sosial Pada Lansia.http://www.e-psikologi.co.id. Tanggal akses: 03Februari 2022.

Nugroho. W. (2010). Perubahan Fungsi Fisik dan Dukungan Keluarga Lansia di Kelurahan Kembangarum Semarang. http://jurnal.unimus.ac.id. Diakses tanggal 09 September 2018.

Kemenkes RI. (2013). Gambaran Kesehatan Lanjut Usia di Indonesia. Jakarta: Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Analisis Lansia di Indonesia. Maramis. (2016). Buku Ajar Keperawaan Gerotik. Jakarta: EGC.

Fransisca, B. (2011). Asuhan keperawatan pada klien gangguan Sistem peryarafan, Jakarta : Salemba Medika.

Dinkes Sumatera Selatan. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan 2020 .

Lili &Catur, (2016). Care yourself Stroke : cegah dan obati sendiri

Tarwoto. (2013). Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta : CV Sagung Seto. Padila. 2013.

Keperawatan gerontik edisi 1. Yogyakarta: Nuha Medika.

Smeltzer & Bare. (2013). Buku Ajar Keperawtan Medikal Bedah Bruner &. Suddarth Edisi 8. Jakarta : EGC.

Friedman. (2013). Keperawatan Keluarga.Yogyakarta: Gosyen Publishing. Friedman M, Bowden V, Jones E. 2013. Buku ajar keperawatan keluarga: Riset, teori & praktik. 5th ed. Tiar E, editor. Jakarta: EGC.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles